Tuesday, September 3, 2013

Dampak Olahraga di Malam Hari untuk Kesehatan

Dampak Olahraga di Malam Hari untuk Kesehatan - Bagi sebagian atlet yang memang sulit untuk olahraga di pagi hari karena banyaknya rutinitas yang padat menjadikan hal ini perlu di alihkan di waktu lain. Misalkan saja di malam hari, saya pun semenjak kuliah saya sulit untuk bisa seperti saya sewaktu menginjak bangku sekolah (SMA) untuk rutin berolahraga dipagi hari. Olahraga di malam hari tentu mempunyai beberapa dampak bagi kesehatan, pada postingan kali ini salemharp blog akan membahas mengenai apa saja yang terjadi pada tubuh kita apabila kita sering berolahraga di malam hari. Berikut ulasannya


1. Tidur Lebih Nyenyak
Olahraga melancarkan peredaran darah dan merangsang terbentuknya endorfin yang menimbulkan rasa nyaman dan serotonin yang berperan dalam mengatur ritme biologis dan rasa kantuk . Hal ini memungkinkan Anda untuk dapat tertidur lebih lelap. Hanya saja, pastikan bahwa Anda sudah selesai berolahraga minimal satu jam sebelum tidur. Bila tidak, kadar adrenalin yang tinggi dalam darah justru akan membuat Anda terjaga sepanjang malam.

2. Mengurangi Level Stres
Tekanan pekerjaan, kejaran tenggat waktu dan hal-hal lain yang Anda alami seharian tentu menimbulkan stres. Bila dibiarkan menumpuk, stres ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sebagaimana disarankan oleh para pakar kesehatan, olahraga adalah cara paling efektif untuk membongkar tumpukan "sampah" ini. Lebih lanjut, para pakar juga menemukan bahwa efek pembongkaran stres paling efektif bila olahraga dilakukan mendekati waktu tidur, saat tidak ada lagi tumpukan tugas yang harus dikerjakan.

3. Lebih Konsisten Dalam Berolahraga
Pada penelitian yang dilakukan oleh para pakar kebugaran Amerika, para responden yang berlatih pada malam hari cenderung lebih konsisten dalam mempertahankan kebiasaan berolahraga. Masih menurut para pakar ini, hal ini berkaitan erat dengan perasaan nyaman karena dapat berlatih dengan santai tanpa kejaran tumpukan kewajiban seperti di pagi dan siang hari.

4. Membentuk Pola Hidup Yang Lebih Sehat
Pola hidup orang modern, terutama yang hidup di kota-kota besar, cenderung kurang sehat. Konsumsi makanan berlebihan dan kebiasaan kurang bergerak menjadi pemicu dari timbulnya berbagai masalah kesehatan dan penyakit degeneratif seperti diabetes.

5. Otot lebih hangat dan fleksibel karena sudah melakukan aktivitas fisik sebelumnya.
Di malam hari otot menjadi lebih hangat dan fleksibel, ini di karenakan rutinitas yang telah kita lakukan sebelumnya sehingga otot sudah bekerja dengan baik ketika kita memulai berolahraga di malam hari.

6. Dapat mengurangi nafsu makan di malam hari.
Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi kamu yang sedang diet karena olahraga di malam hari membuat kita menjadi tidak nafsu makan sehingga kita dapat menghindari makan malam dan kegemukan.

0 komentar:

Post a Comment

Jika kamu ingin berkomentar di blog ini, dimohon untuk tidak berkata kasar, porno maupun sara.
Salemharp akan senang jika kamu menghargai setiap postingan dengan berkomentar di bawah ini..

Follow Salemharp Blog

 
Copyright © . Salemharp Blog - Posts · Comments
Developer By Roni Semendawai || Powered by Blogger