Monday, August 19, 2013

Penyebab dan Cara Efektif Memutihkan Gigi yang Kuning

Penyebab dan Cara Efektif Memutihkan Gigi yang Kuning - Penampilan tidak terlepas dari gigi karena ketika kita akan tersenyum atau berbicara gigi kita akan terlihat dengan jelas. Jika kamu mempunyai masalah mengenai warna gigi yang agak kekuningan maka salemharp blog kali ini akan membahas nya mengenai penyebab mengapa gigi menjadi kuning dan cara apa yang harus dilakukan agar gigi kita dapat kembali menjadi putih walaupun tidak secepat yang kita inginkan akan tetapi cara yang diberikan oleh salemharp blog akan memberikan hasil yang secara bertahap akan mengembalikan warna asli dari gigi yang telah menguning. Berikut ulasannya.



Penyebab Gigi Menjadi Kuning

1. Kebersihan Gigi dan Mulut
Kebersihan atau kesehatan gigi dan mulut yg buruk adalah penyebab utama gigi berwarna kuning. Banyak pendapat mengatakan bahwa gigi kuning bisa menyebabkan berbagai macam masalah, padahal kebersihan gigi dan mulut yg buruklah yg selalu jadi biang keladi dan sejumlah masalah gigi dan mulut, termasuk menyebabkan gigi berwarna kuning.

2. Menyikat Gigi Setelah Makan yg Manis
Saking takutnya ada bakteri yg tinggal di gigi, maka kamu akan buru-buru menyikat gigi setelah makan yg manis-manis. Benarkah hal ini? Ternyata justru hal ini salah. Setelah proses pengunyahan, maka mulut cenderung bersifat asam. Saat ini akhirnya gigi menetralisir keadaan mulut dengan mengeluarkan enamel untuk melindungi gigi.
Kalo kamu terburu-buru menyikat gigi, maka enamel ini akan terbuang sia-sia dan bakteri justru bebas berkembang. Untuk itu sangat disarankan menyikat gigi setidaknya 1 jam setelah makan yg manis-manis.

3. Obat Pemutih Gigi
Bagaimana bisa pemutih gigi malah membuat gigi menjadi kuning? Well, ternyata cara kerja pemutih gigi ini gak sesederhana yg kita pikirkan. Kebanyakan, pemutih gigi bekerja dengan mengerosi gigi. Dan seringkali, pemutih gigi yg dikenakan di rumah, gak bekerja secara maksimal. Bukannya memutihkan, mereka malah mengikis gigi, membuatnya rapuh dan kuning.

4. Kebiasaan Makan
Makanan dan minuman yg kita konsumsi bisa menjadi penyebab terjadinya perubahan warna pada gigi. Minuman seperti teh, kopi, dan soda mempunyai efek "mewarnai" gigi. Merokok dan mengunyah tembakau juga menyebabkan stain (warna) pada gigi oleh karena adanya akumulasi nikotin pada gigi.

5. Terlalu sering Mengkonsumsi Teh Herbal
Menjaga kelangsingan tubuh serta kesehatan dengan teh herbal menjadi kebiasaan yg umum akhir-akhir ini. Tubuh terasa lebih bugar, dan lebih langsing. Tapi ternyata teh herbal ini membawa efek samping yg buruk bagi gigi. Mereka yg rutin mengonsumsi teh herbal cenderung memiliki gigi kuning.
Menanggapi hal ini, para peneliti Jepang, seperti dilansir Dailymail, menyarankan agar para konsumen teh herbal lebih memilih teh hijau. Kandungan katekin di dalam teh hijau dipercaya dapat menekan bakteri pemroduksi asam di gigi, sehingga gigi kuning lebih mudah dicegah.

6. Minuman Berenergi
Karena dibuat untuk menggantikan energi dan garam yg hilang saat berolahraga, maka minuman berenergi dilengkapi dengan gula dan asam.
Berdasarkan studi yg dilakukan University of Birmingham, ditemukan bahwa minuman berenergi bersifat korosif ketimbang air mineral. Zat kimia yg terkandung dalam minuman berenergi cenderung merusak dan mengikis gigi.

7. Merokok
Rokok juga membuat gigi menjadi kuning. Kandungan nikotin di dalam rokok menyebabkan ruang mulut menjadi asam, nikotin-nikotin terikat pada elemen gigi dan tinggal pada dinding-dinding gigi. Gak heran kalo mereka yg merokok hampir sulit untuk punya gigi putih bersih.

8. Membuka Kemasan dengan Gigi
Saking kuatnya gigi dan gak ada gunting di sekitar kamu, maka kamu memutuskan membuka kemasan dengan gigi kamu. STOP kebiasaan ini! Tanpa kamu sadari, kebiasaan ini akan membuat gigi lebih mudah rapuh dan lemah. Ketika gigi rapuh, secara otomatis warnanya tidak akan sehat dan cenderung menguning.

9. White Wine (Anggur Putih)
Mungkin berpikir bahwa anggur merah justru buruk untuk gigi, karena warna merahnya. Tapi ternyata anggur putih justru memberikan efek lebih buruk bagi gigi, karena Anggur putih lebih cepat mengikis gigi,” ungkap Dr Paul Ashley, direktur institusi kesehatan gigi, di University College Hospitals.

10. Kandungan Klorin saat Berenang
Hasil studi yg dilakukan terhadap 500 orang perenang menyebutkan bahwa 66% dari perenang mengalami kerusakan pada gigi serta gigi kuning.
Hal ini disebabkan karena kandungan klorin yg tinggi di dalam air kolam. Klorin tersebut mempengaruhi pH air yg menyebabkan kandungan asamnya lebih tinggi. Untuk itu, jangan lupa menyikat gigi setelah berenang.

Cara Untuk Memutihkan Gigi Secara Alami:

1. Memakai siwak : Siwak atau miswak adalah dahan atau akar pohon yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Cara ini sudah dilakukan kaum muslim sejak jaman dahulu untuk menjaga kebersihan dan kekuatan gigi. Semua dahan atau akar pohon bisa digunakan untuk bersiwak jika memenuhi syarat yaitu lembut.

 2. Pemakaian arang kayu : Tips memutihkan gigi berikutnya adalah menggunakan arang kayu. Cara ini tergolong tradisional namun ampuh menghilangkan warna kuning. Anda harus berhati-hati dalam memakai arang kayu, penggunaan secara berlebih dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi.

3. Menggunakan Kulit jeruk : Gunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi kuning anda. Lakukan secara teratur setiap hari dan gigi akan menjadi putih secara alami dan cepat. Hati-hati bagi anda yang memiliki gigi sensitif, kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya tidak cocok untuk jenis gigi anda.

4. Konsumsi buah dan sayur : Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti buah strawberry, apel, wortel, dan seledri juga bermanfaat sebagai bahan alami pemutih gigi. Anda tidak perlu membuat ramuan khusus, tinggal dikonsumsi seperti biasa.

5. Pasta gigi tradisional : Sediakan daun salam serta kulit jeruk kemudian jemur keduanya sampai kering. Tumbuk hingga halus lalu tambahkan air dan aduk sampai berbentuk pasta. Gunakan pasta gigi alami yang sudah anda buat untuk menggosok gigi, ramuan ini ampuh membuat gigi terlihat lebih putih.


6. Mengunyah Permen karet : Mengunyah permen karet juga bisa menjadi kebiasaan yang dapat membuat gigi kita menjadi putih. tentu tidaklah sembarangan permen karet tetapi hanya beberapa jenis permen karet yang didalamnya mengandung Xylitol.



7. Rajin Menggosok Gigi : Menggosk gigi adalah satu cara untuk menjaga kebersihan gigi dari sisa-sisa makanan yang kita makan. Gosok gigi sebelum tidur sangat berperan penting dalam membuat gigi kita bersih dan putih, karena kita akan membersihkan zat-zat perusak gigi yang nempel digigi saat kita makan.

0 komentar:

Post a Comment

Jika kamu ingin berkomentar di blog ini, dimohon untuk tidak berkata kasar, porno maupun sara.
Salemharp akan senang jika kamu menghargai setiap postingan dengan berkomentar di bawah ini..

Follow Salemharp Blog

 
Copyright © . Salemharp Blog - Posts · Comments
Developer By Roni Semendawai || Powered by Blogger