Saturday, August 24, 2013

Faktor-faktor Adanya Varises dan Cara Mengatasinya

Faktor-faktor Adanya Varises dan Cara Mengatasinya - Ketika kamu sedang melakukan aktivitas seperti olahraga pagi tiba-tiba kaki sering terasa kram atau timbul urat di sekitar paha maka dapat dipastikan itu adalah penyakit varises. Varises merupakan kelainan yang ditandai dengan pelebaran pembuluh darah balik pada bagian tubuh tertentu sebagai akibat kerusakan katup. Pembuluh darah balik di bawah jantung, baik yang terdapat pada permukaan maupun yang terletak lebih dalam mempunyai katup-katup. Katup ini membantu melancarkan tugas pembuluh darah balik mengalirkan darah dari tubuh di bagian bawah jantung ke jantung dalam satu arah. Katup ini bekerja secara pasif mencegah aliran balik. Bila terjadi hambatan aliran darah oleh berbagai sebab, misalnya karena jenis pekerjaan yang menuntut seseorang untuk lama berdiri, maka katup tidak dapat menutup sempurna sehingga darah mengalir balik dan akan menyebabkan pembuluh darah melebar. Pelebaran yang terjadi berulang-ulang membuat pembuluh darah tidak dapat menguncup lagi.



Bagian-bagian tubuh yang terkena varises

Ada empat bagian tubuh yang dapat terkena varises, yaitu:

1. Varises pada dubur dikenal sebagai wasir atau ambeien. Yaitu pelebaran pembuluh darah balik pada anus dan poros usus. Pelebaran itu terjadi akibat adanya hambatan aliran darah pada bagian tubuh tersebut. Ada dua jenis wasir yaitu wasir dalam dan wasir luar. Wasir dalam terjadi di antara usus dan poros usus yang berlapis selaput lendir. Sedangkan wasir luar terdapat pada bagian luar anus yang dilapisi oleh kulit.

2. Varises pada testis disebut varicocele yang sebagian besar terjadi pada testis sebelah kiri. Dalam keadaan ini jalinan pembuluh balik testis melebar berkelok kelok seperti cacing sehingga testis teraba sebagai sebuah kantung penuh cacing. Para ahli menduga hal ini disebabkan oleh alasan anatomis dari pembuluh darah balik sebelah kiri testis yang tidak langsung masuk ke vena cava yaitu pembuluh balik besar dalam rongga perut.

3. Varises pada kerongkongan (esofagus) terjadi pada esofagus bagian bawah dan bagian atas lambung/ Hal ini hampir selalu disebabkan oleh meningkatnya tekanan dalam pembuluh darah vena porta (pembuluh balik hati) akibat penyakit hati yang kronis.

4. Varises yang umum dan paling sering terlihati adalah varises pada tungkai. Di sini varises tampak lebih jelas karena pembuluh darah balik pada bagian tubuh ini sebagian terletak di bawah kulit sehingga tampak menonjol keluar dan berkelok-kelok. Ini menyebabkan pemandangan yang tidak begitu sedap. Terutama bila hal ini terjadi pada tungkai wanita.

Berikut Cara Mengatasi Penyakit Varises

1. Batasi Konsumsi Gula
Seseorang yang mempunyai kadar gula tinggi cenderung lebih cepat terkena kencing manis dan kolestrol pun jadi tinggi hal ini memicu terjadinya varises.

2. Jangan Terlalu Sering Memakai High Heels
Jangan terlalu sering memakai sepatu hak tinggi ( high heels ) arena beresiko menyumbat peredara dara pada kaki yang menimbulkan terjadinya varises. Apabila terpaksa harus pakai pilihlah sepatu high heels yang tingginya tidak melebihi 5cm.

3. Olahraga Yang Teratur
Olahraga yang teratur memang sangat baik untuk semua kesehatan baik kesehatan tubuh , jantung dan organ-organ lainnya. Olahraga seperti bersepeda , berenang bahkan jogging sangat bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan varises Anda karena olahraga tersebut sangat bekerja cepat dalam memperlancar peredaran darah Anda.

4. Konsumsi Buah Dan Sayuran
Buah dan sayuran akan kaya vitamin dan serat yang terkandung di dalam nya sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Makanan sehat akan kaya serat sangat membanu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh Anda , seperti jahe dan kacang-kacangan. Di Waktu urat Anda membengkat jangan sekali kali memakan makananyang pedas seperti cabai , maupun lada hitam , karena akan beresiku varises berat yang sulit di sembuhkan.

5. Hindari Berdiri Terlalu Lama
Hindari berdiri terlalu lama , karena peredaran darah akan menyumbat bila seseorang berdiam diri. Apabila Anda memang harus berdiri terlalu lama usahakan untuk sedikit bergerak di sela waktu agar tubuh tidak berdiam diri dan sirkulasi darah berjalan lancar.

6. Tidur Yang Cukup
Di waktu tidur sebaiknya Anda mengistirahatkan tubuh Anda untuk tidur , jangan di buat untuk lembur ataupun melakukan aktifitas maupun kegiatan yang berat. Tidur yang cukup dapat mengurangi ketegangan otot-otot dan lama kelamaan dapat memudarkan varises Kalian. 

0 komentar:

Post a Comment

Jika kamu ingin berkomentar di blog ini, dimohon untuk tidak berkata kasar, porno maupun sara.
Salemharp akan senang jika kamu menghargai setiap postingan dengan berkomentar di bawah ini..

Follow Salemharp Blog

 
Copyright © . Salemharp Blog - Posts · Comments
Developer By Roni Semendawai || Powered by Blogger