Wednesday, April 11, 2012

Mengenal Lebih Jauh Beladiri Karate

Mengenal Lebih Jauh Beladiri Karate - Postingan kali ini Blog Salemharp akan membahas beladiri karate, Jika dilihat untuk kategori martial arts di blog salemharp ini baru 2 postingan maka dari itu saya coba untuk mengulas karate karena saya juga dulu pernah mempelajari beladiri ini.

PAKAIAN KARATE
Pakaian karate dalam istilah karate ( jepang ) disebut “DOGI”. Pakaian karate didesign seperti “kimono” ( pakaian tradisional jepang ) berwarna putih tidak ada boleh corak lain kecuali lambang dari aliran/perguruan karate yang di geluti oleh karateka tersebut.

CARA MEMAKAI SABUK
Dalam pemasangan dan pemakaian sabuk tidak boleh dipandang kecil, sabuk yang diartikan sama dengan derajat (hirarki) dalam Karate yang membedakan antara karate baru latihan dengan karateka telah dulu mengikuti latihan. Disamping itu penampilan seorang karateka dapat mempresentasikan tingkat penguasaan terhadap ilmu karate yang dia pelajari juga dapat dilihat dari warna sabuknya. Menggunakan sabuk karate dengan baik merupakan tanda bahwa seorang karateka memiliki semangat yang tinggi dan pernghormatan yang tinggi terhadap ilmu karate itu sendiri.

SALAM KARATE
Etika dalam bersosialisasi disegala lingkungan adalah mengucapkan salam dengan sesama karateka. Begitu pula dalam karate. Salam merupakan hal yang sangat penting, karena disinilah letak arti filosofi terdalam, kerendahan hati dan semangat untuk terus belajar. Dengan mengucapkan salam berarti kita telah menghormati sesama karateka.Lafal salam karate adalah “OSH”, yang merupakan kependekan dari kata OSHINABU yang berarti Pantang Menyerah. Sikap dalam mengucapkan salam adalah sikap siap sempurna dan membungkukkan badan pada saat mengucapkan kata “OSH”.
dibawah ini adalah gambar cara penghormatan dalam posisi duduk

KOHEI, SENPAI DAN SENSEI
Kohei adalah adik seperguruan, atau yang memiliki tingkat yang lebih rendah.Senpai adalah kakak seperguruan, atau yang memiliki tingkat yang lebih tinggi. Sensei adalah guru/istruktur, atau yang memiliki tingkat Dan-III keatas. Di antara ketiga tingkatan ini memiliki hirearki untuk saling menghormati dan mengucapkan salam.

UPACARA KARATE
Sebelum dan sesudah latihan karate dilakukan upacara karate yang dipimpin oleh karateka tingkat tertinggi yang mengikuti latihan pada saat itu. Para karateka membentuk sebuah barisan sesuai dengan tingkatannya. Dimulai dari yang paling tinggi disebelah kiri hingga yang paling rendah disebelah kanan. Sensei/instruktur yang bertugas pada saat itu akan berdiri di depan barisan. Ada dua versi upacara karate ini, ada yang dilakukan berdiri dan yang dilakukan dengan cara duduk. Masing-masing cara digunakan pada kondisi yang berbeda.
dalam upacara karate ada 3 hal yang selalu ada dan merupakan tradisi karate yaitu pembacaan sumpah karate dan pedoman karate.

LIMA PENGHORMATAN
Lima penghormatam merupakan penghormatan yang dilakukan pada saat upacara pembukaan latihan dan penutupan latihan di dojo.
Kepada:
1. Ketuhanan yang maha esa
2. Bendera nasional
3. Lambang Karate/lambang dimana kita bernaung
4. Guru/yang lebih tinggi tingkatannya
5. Sesama mitra/sesama kawan

TINGKATAN DALAM KARATE
Hierarki Karate merupakan tingkatan pada organisasi karate.
-Sabuk Putih Kyu 7
-Sabuk Kuning  Kyu 6
-Sabuk Hijau Kyu 5
-Sabuk Biru strep Kyu 4
-Sabuk Biru Kyu 4
-Sabuk Coklat srep Kyu 3-1
-Sabuk Coklat Kyu 3-1
-Sabuk Hitam Dan I
-Sabuk Hitam Dan II, Dan III .... sampai Ururtan Dan yang tertinggi

Sekian penjelasan dari blog salemharp, terimakasih telah membaca.. :)

3 komentar:

  1. Info yang bermanfaat, khususnya bagi EFA yg dulu hanya sampai Kyu 6. salam kenal blogger lampung. ayo saling kita follow blog untuk meramaikan blog indonesia. ditunggu visit backnya

    ReplyDelete
  2. Aduh... dah nggak kuat lagi ni badan buat jumpalitan! He ... mo nyang banting-membanting saja, ah.. Ihik ... nyang bantingan mesra!!!!

    Salam & sukses selalu!

    gubhugreyot

    ReplyDelete

Jika kamu ingin berkomentar di blog ini, dimohon untuk tidak berkata kasar, porno maupun sara.
Salemharp akan senang jika kamu menghargai setiap postingan dengan berkomentar di bawah ini..

Follow Salemharp Blog

 
Copyright © . Salemharp Blog - Posts · Comments
Developer By Roni Semendawai || Powered by Blogger