Thursday, April 5, 2012

Kata Yang Sering di Salah Gunakan

Kata Yang Sering di Salah Gunakan - Posting kali ini Blog Salemharp akan membahas kata - kata yang mungkin sering diucapka oleh kebanyakan orang dan maksudnya pun berbeda dari apa yang kita maksud.


Nggak semua orang Indonesia mengerti dengan sempurna bahasanya sendiri, terutama untuk di forum formal. Kalau untuk bergaul sehari-hari sih nggak terlalu masalah. Ini dia Bahasa Indonesia salah kaprah yang sering 'keceplosan' dipake di forum formal:

1. Rubah
Di kelas pasti kamu pernah diskusi sama teman sekelas atau guru, "Bagian ini harus dirubah." Apa itu dirubah? Dibuat jadi rubah? Dijadikan rubah? kita kasih tau, yang benar itu ternyata "ubah", "diubah", atau "mengubah".






2. Absen
Mungkin kamu pernah dapat titipan dari teman untuk nitip absen agar si teman kamu itu tidak di "alpha".
Padahal sebenarnya artinya absen itu adalah tidak hadir.







3. Acuh
Biasanya kata ini digunakan salah kaprah dalam lirik lagu. Di beberapa lagu, kata "acuh" diartikan nggak peduli, padahal "acuh" itu sendiri artinya peduli. Jadi, kalau nggak peduli jadinya tidak acuh.







4. Seronok
Pernah ada pejabat yang menyinggung soal pakaian, melarang orang untuk berpakaian tidak seronok. "Seronok" itu artinya enak dilihat. Jadi kalau menyuruh orang untuk berpakaian tidak seronok, berarti menyeruh mereka untuk berpakaian yang tidak enak diliat, misalnya: pake baju yang glitter-an sampe bikin sakit mata.




5. Geming

"Diam tak bergeming", itu salah satu contoh kalimat yang kata di dalamnya kurang tepat. "Bergeming" itu artinya diam tidak bergerak.








Sekian dari blog salemharp, kalau sudah tahu jangan keceplosan lagi. :)

0 komentar:

Post a Comment

Jika kamu ingin berkomentar di blog ini, dimohon untuk tidak berkata kasar, porno maupun sara.
Salemharp akan senang jika kamu menghargai setiap postingan dengan berkomentar di bawah ini..

Follow Salemharp Blog

 
Copyright © . Salemharp Blog - Posts · Comments
Developer By Roni Semendawai || Powered by Blogger