Sunday, January 23, 2011

PEDOMAN DAN PRINSIP TEKNIK PENCAK SILAT

1. PEMAHAN TEKNIK
     
Gerakan dasar berupa serangan dan tangkisan tangan, tendangan dan sapuan kaki.
Sentakan dan bantingan merupakan awal dan akhir dari latihan silat. Untuk mempelajari sesuatu mungkin akan cukup dalam beberapa bulan saja, tetapi penguasaan secara sempurna tidak akan dapat dicapai dalam waktu sebentar/sesaat seperti waktu mempelajari tersebut. Dalam melakukan gerakan harus mengerahkan seluruh kemampuan serta latihan dilakukan sebaiknya secara teratur dan konsentrasi.
Latihan harus sistematis serta rencana program yg baik. Berbagai masukan disiplin ilmu dalam menyusun program latihan akan sangat membantu untuk memberikan hasil yg memuaskan. Untuk menjadi bisa kita harus biasa, dengan biasa akan menjadi luae biasa dan semakin tekun berlatih akan semakin baik hasilnya. Jangan kalah  karena kesalahan sendiri, jika harus kalahpun disebabkan karena kelebihan lawan. Bekeja ddan berlatihlah sampai pada titik akhir kesempurnaan.


2. KUDA-KUDA
         
KUDA-KUDA merupakan salah satu tumpuan/dasar yang sering dilupakan bahkan diremehkan orang. Dengan kuda-kuda yg baik dapat dihasilkan suatu kekuatan yg sesuai dengan apa yg kita ingini. Secara umum semua kegiatan-kegiatan jasmani baik berupa gerakan untuk menari, olahraga maupun hal lainnya bertitik tolak dari kuda-kuda.
Keseimbangan antara keserasian dari sendi-sendi tubuh bagian atas maupun bawah sangat ditentukan sekali oleh kuda-kuda. Dengan kuda-kuda yg baik seorang pesilat dapat dengan mudah melakukan gerakan-gerakan yg di-inginkan baik berupa gerakan untuk memukul, menendang, mengelak, menjatuhkan badan dan lain-lain.
Kuda-kuda menjelma dari latihan yg memakan waktu cukup lama yg dilaksanakan dengan penuh kesabaran tidak menggunakan alas kaki dan diulang sambil diperbaiki, membentuk kuda-kuda yg baik dan benar bukanlah hal yg mudah. Kuda-kuda adalah merupakan bentuk sempurna dari adanya keseimbangan tubuh.


3. MEMPERKUAT OTOT

Membuat otot menjadi kuat diperlukan latihan secara continue. Seorang pesilat/atlit harus mengerti otot mana yg harus dilatih agar dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai gerakan/olahraga yg ditekuninya. Otot yg bekerja penuh dan serasi akan menghasilkan gerakan teknik yg baik, kuat dan maksimal.

4.TENAGA DAN KECEPATAN

Pada olahraga umum pencak silat khususnya, tenaga penentu teknik dasar timbul dari adanya pemusatan kekuatan yg penuh hal ini sangat ditentukan (tergantung) pada kecepatan serangan yg ada. Walau demikian kecepatan tidak akan menjadi ampuh jika tanpa adanya pengendalian yg tepat (kecepatan dan tenaga akan bertambah sesuai dengan dalil aksi dan reaksi). Seorang atlit/pesilat tidak akan mahir dalam bersilat jika hanya menggantungkan gerakan pada kekuatan otot semata.

5.LEDAKAN TENAGA DAN KECEPATAN

Kekuatan otot semata orang belum tentu menjadi jaminan untuk menjadi pemenang apalagi dalam pencak silat. Karena selain mengandalkan tenaga lawan juga dibutuhkan kelincahan dan kecepatan. Kecepatan yg dapat dikendalikan akan dapat menambah ledakan tenaga bila dalam penggunaannya terkendali.
          Kekuatan maksimum dapat tercapai dengan pemusatan tenaga dari seluruh bagian tubuh pada sesuatu sasaran tertentu. Jadi bukan hanya tenaga dari seluruh bagian tubuh pada suatu sasaran tertentu. Jadi bukan hanya tenaga tangan dan kaki saja yg dipergunakan. Pengurangan tenaga yg tidak diperlukan akan sangat baik , sehingga pada saat dibutuhkan ledakan tenaga dapat diperbesar. Pengerahan tenaga harus dimulai dari nol kemudian tenaga dikerahkan secaepat mungkin untuk mencapai klimaks pada saat benturan dan setelah itu harus kembali menjadi nol. Kesiagaan harus tetap dijaga disaat pengurangan tenaga yg tidak diperlukan dan siap untuk melakukan gerakan berikutnya.

6. PINGGUL

       Bagian ini selain tempat bersumbernya tenaga, pada bagian ini pula terletaknya keseimbangan tubuh manusia, oleh karena itu dapat dikatakan besar/ kecilnya ledakan dari pukulan.

7. BENTUK
       Keseimbangan tubuh yang baik akan menghasilkan suatu bentuk gerakan yang indah dan mantap.

8. PERNAFASAN
      cara pengaturan yang baik akan sangat membantu sekali dalam gerakolah tubuh.

9. BENTAKAN SUARA
    Bentakan atau teriakan merupakan suatu teknik yang tidak kalah penting.
Gunanya selain dapat menambah tenaga juga dapat menambah semangat.

10. IRAMA DAN TEPAT WAKTU
       Pada olahraga apapun, jika teknik diperagakan akan selalu tampak berirama demikian halnya pencak silat. ada 3 faktor yang merupakan prinsip nya yaitu betul, cepat dan lambat.

11. PENAMPILAN
       seorang pesilat harus mempunyai penampilan yang menarik dan indah untuk tampil dihadapan publik.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Ini

6 komentar:

Jika kamu ingin berkomentar di blog ini, dimohon untuk tidak berkata kasar, porno maupun sara.
Salemharp akan senang jika kamu menghargai setiap postingan dengan berkomentar di bawah ini..

Follow Salemharp Blog

 
Copyright © . Salemharp Blog - Posts · Comments
Developer By Roni Semendawai || Powered by Blogger